BUKAN SANG PENYAIR

BUKAN SANG PENYAIR
TENTANG KITA

Rabu, 23 Desember 2009

“abang sayang tito”

Malam itu bokap, begitu marah…”ar…!!!!mau jadi apa kamu nak…udah larut malam gini baru pulang tadi gurumu telepon katanya kamu ngebolos lagi,kamu sudah 2 minggu tidak sekolah…kamu gabung lagi sama teman2 band mu yang sumbrono itu?,”aku hanya tertundu lesu sembari menundukan wajah entah apa yang aku rasakan,aku ga bisa lagi beralasan kaya biasanya,seperti “pa…aku ada pr n ngerjain di rumahnya si rudi”,atau alasan pamungkas ku lainnya”pa..ari lg ada tugas kelompok..”…kayanya semua alasan udah basi banget buat di ucapin,”coba kamu liat…tampang mu pakayan mu…ga seperti anak sekolahan,”bokap belum selesai ngmong aku langsung aja berdiri”ari..papa belum selesai ngmong..ar”….aku beranjak masuk ke kamar…”udah pah…biarin aja dulu..besok biar mama bilangin dia”terdengar suara halus nyokap menjawab.

aku udah bosen dngan ini,malam ini aku mutusin harus cabut dari rumah untuk bebrapa hari,setidaknya aku bisa nenangin pikiran ku, aku masuk kamar tampak si keci adik gw si tito sedang duduk di depan tv”..abang..abang kok pulang malam?? ” Tanya tito…”hmmm…abang dari tadi abis main kerumah teman”…tampak tito hanya menatap lesu kepada ku…matanya tampak sayup menahan kantuk”hey..jagoan kok kamu belum tidur???.....udah malam lhoo”balas ku sembari menggendong dan membaringkannya di tempat tidurnya,”abang kan janji mau main PS sama aku,ya aku tunggu…abangnya”jawabnya dengan polos..”hmmm…jagoan abang…tidur dong main PS kan kapan aja bisa,gimana hari pertama kamu masuk SD?...” Tanya ku...”tadi ada ibu guru…baik betul, aku ketemu teman2 baru,trus aku jajan kue…teman ku baik2 semua” setelah beberapa lama bercerita akhirnya tito pun tertidur…pasti dia sangat lelah menunggu ku…

aku segera berkemas memasukan beberapa helai pakaian kedalam tas,hari ini aku harus aku harus pergi...setelah berkemas aku mengenakan sepatu”abang mau kemana??” terdengar suara tito bangun dari tidurnya,”kamu belom tidur saying???” Tanya ku” abang mau ke mana,abang mau pergi lagi ya???”tito terus bertanya…”abang jangan pergi,tito tidur sama siapa….” Tito terus bertanya,”abang Cuma sebentar de…” “abang tidur dimana?...nanti siapa yang jagain abang” tertegun aku tak bisa menjawab “abang Cuma sebentar besok..” “tito tinggal abang...” “kan ada papa,mama,bi imah juga ada...”balas ku”papa mama sibuk...ga mau main sama tito,bi imah juga sibuk...ga ada yang mau main sama tito...”...”abang janji abang ga lama kok” berat hati ku untuk melangkah namun aku segera melangkah membuka pintu,”abang....tunggu...” panggil tito....”abang... abang bawa ya robot ku ini biar bisa jagain abang” ujar tito sembari memberi mainannya kepada ku...”Iya sayang” jawab ku....masih ku rasakan berat untuk meninggalkan tito,sembari memluk adik ku dengan erat,terasa titik air mata tito di punggung ku...”abang...jangan pergi...”...sembari menahan tangisnya”upsss.... jagoan abang jangan nangis,ayo...katanya pengen jadi polisi...polisi ga boleh nangis,ayo senyum...”...di balik tangisnya tito pun tersenyum...”abang pergi dulu ya...kamu tidur lah ini sudah malam”aku segera bergegas pergi, tampak di jendela tito menatap ku

sudah beberapa kali handphone ku berbunyi tak pernah ku angkat.Seminggu sudah aku pergi dari rumah...tidur di mobil mungkin bukanlah satu pilihan yang bagus,tapi mau bagai mana lagi,dari pada aku sewa penginapan yang mahal fasilitas tak seberapa,atau aku nebeng di kotsan teman agaknya terlalu berlebihan menyusahkan orang lain.tentunya lebih baik ku tidur di mobil,malam itu tampak mendung tampaknya akan segera turun hujan yang lebat,ku tutup jendela mobil agar angin tak begitu terasa menusuk tubuh, agar tak terasa sepi ku coba menghidupkan radio...tak beberapa lama hujan lebat menderai beriring angn yang kencang meniupkan pepohonan penghias kota kutarik selimut,meski tidur terasa sempit namun agaknya aku bangga memiliki mobil timor butut pemberian ayahku ini,hmm......ayah...ibu...agaknya aku ada rasa menyesal lari dari rumah seperti ini.

Tok...tok...tok...to...terdengar suara seseorang mengetuk pintu di tengah derai hujan kencang”hmmm....apa-apaan lagi neh???” segera bangkit dari baring ku...tampak wajah tak jelas di balik jendela mobil. Seperti tubuh kecil setinggi pinggangku...ku buka pintu mobil,hujan masih deras”siapa....!!!!” teriak ku,betapa terkejutnya aku,teampak tito berdiri di hadapan ku...lengkap masih memakai seragam putih merahnya”Tito ngapai kamu de???...ayo cepat masuk”...hujan masih deras tubuh tito masih terasa dingin,dia tampak pucat,ku coba selimuti dengan selimut tebalku...”de...kamu ngapain malam2 belum pulang papa mama pasti nyariin kamu”...tito Cuma diam...duduk wajahnya tampak pucat...entah kenapa ku lihat adiku malam ini agak berbeda dengan biasanya,pandangannya kosong seperti sakit,ku coba mengelus kepalanya,”de...kangen ya sama abang?...” tito hanya menganggukan kepalanya...”kalo begitu ayo kita pulang,papa,mama pasti nyariin kamu..”segera ku tancap gas menuju rumah, di perjalanan ku coba menggodanya,sebab ku lihat tito diam tak se ceria biasanya”hey..jagoan gimana kabarnya,jacky anjing kita? Pas abang pergi kamu kasih makan ga???....” tanya ku...tito hanya diam....”oke...lagi ga moot ngomonginnsi jacky ya... hmmm...kalo kaset naruto yang abang beliin buat kamu kemarin gimana seru ga???...”kali ini masih saja diam”pasti seru jawab ku sendiri”aku masih bingung...”hmmm...abang tau kamu pasti mau maen game di HP abang kan??...nehh..kemaren abang isi game seru2 lho.....” kali ini tito hanya merespon dengan gelengan kepala”abang jangan pergi lagi dari rumah ya....” terucap kata2 itu dari bibir tito

,aku tak menjawab,mungkin adik ku masih kedinginan”ya udah kalo begitu sekarang tito tidur aja dulu ya...ku selimuti tito,namun kali ini dia lebih memilih meletakan kepalanya di pahaku,aku terus konsentrasi menyetir di tengah derasnya hujan.

2 jam berlalu akhirnya sampai di gerbang rumah hujan pun telah reda,tito terbangun dari tidurnya,entahlah kurasa dia tidak tidur tadi di jalan,ku rasa dia hanya menatap ku,”hey jagoan kita udah sampai depan rumah neh....abang lapar betul nehhh mama kira2 masak apa ya hari ini”.....tito tetap saja diam...”lho...kok di rumah kita sepertinya ramai ya...ada acara apa nehhh” ujar ku ”ayo kita keluar de...” sebelum aku membuka pintu tangan tito menahan langkah ku”abang belum jawab pertanyaan ku,abang jangan pergi lagi ya?....” sekali lagi pertanyaan itu terlontar dari bibir mungil tito,”iya de...”jawab ku....”aku mau abang janji harus rajin sekolah,dan jangan kabur lagi” kembali dia bertanya...”iya..ia abang janji”jawab ku”aku mau abang jawab sungguh2”iya...abang janji akan rajin sekolah dan ga kabur dari rumah lagi” tiba2 tito memeluk ku”udahhh..ih..jagoan,ayo kita masuk ke rumah abang sudah lapar” aku pun keluar dari mobil,namun ketika aku membuka pintu untuk menurukan tito betapa terkejutnya aku tito sudah tidak ada di dalam mobil”tito...di mana kamu de???...”...aku segera bergegas masuk kerumah,pikir ku dia pasti sudah duluan,tampak rumah ku begitu ramai...”ada apa ini ujar ku” tante,om,pa de,nenek.kakek tetangga ku semua banyak orang dirumah ku ada ”apa ini....???” aku masih bingung...datanglah ibu ku memelu ku..”mana tito ma.....mana???” tanya ku”tito..... tito adik mu sudah tiada nak...”betapa terkejunya aku”hmmm....ga mungkin....pasti ini.....ga mungkin...tadi tito...............tito tadi ada bersama ku...”aku masih ga abis pikir apa maksud ibu ku”iya tito telah tiada...nak”....ibu...tadi aku masih bicara...aku tadi kesini sama tito dia jemput aku buu...” kita harus menerima ini semua nak...”ujar ayah sembari menuntun ku ke ruang tengah,,,dan benar adanya tubuh terbujur kaku itu adalah adik ku tito....ku tak percaya ku sentuh tubuh itu adalah tito adik ku

”Ikhhhh...........he bau...sekolah.........ayo...belom mandi lagi......bau”...telinga ku terasa ada yang menarik.....”bau...bangu....ayo....belom solat kan?????”.....ku coba membuka mata ku....upssssss”tito....kamu tito kan????”....teriak ku sembari mecubit pipinya yang cabi....”iya ini aku abang ku..... yang bau........yang males mandi.....ikhhh...sakit tau....mama....abang cubit aku”betapa senangnya aku...ternya ta semua itu hanya mimpi....”tito...abang sayang tito....” ujar ku pada tito”hmmmm...tito j....u...ga... .....tapi tito ga sayang abang,,,abang bau....ha...ha...ha...” candanya”awas ya..abang kitikin” balas ku....hmmm....pagi ini agaknya aku sedih.....karena mendapat mimpi buruk....tapi aku bahagia karena itu Cuma mimpi......abang sayang tito

inspiration by bad dream.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar